KEJUJURAN DALAM TEMPUH UJIAN MANFAAT ILMU DUNIA AKHIRAT


pengawas UN

By. H. Machmud Masjkur

ربّنا انفعنا بما علّمتنا

ربّ علّمنا الذي ينفعنا

Ya Allah, manfaatkanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepada kami”

SMP Salafiyah secara lahir dan batin, fisik dan psikis telah siap mengantarkan peserta didiknya menghadapi dan menempuh ujian sekolah baik teori/tulis maupun praktik.

Setiap pagi, pukul 06.30 wib, peserta didik dan guru melaksanakan shalat sunah dluha secara berjamaah di masjid Agung Al-Jami’. Setelah selesai melaksanakan shalat sunah dluha mereka berjabatan tangan. Pukul 06.45 wib mereka berbaris di halaman sekolah untuk berdoa pagi (wirdusshobah). Shalat sunnah dluha dan doa pagi (wordusshobah) merupakan kebiasaan yang dilakukan guru dan siswa di SMP Salafiyah setiap hari.

Menghadapi Ujian Nasional tahun 2010 ini, ikhtiar batin ditingkatkan dengan membaca dan khotmil Qur’an, shalat hajat, shalat taubat, membaca shalawat nariyah, rotibul ‘atthos dan renungan malam serta diakhiri dengan ziarah kubur ke makam Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Atas yang secara langsung dipimpin oleh Habib Abdullah Baqir bin Ahmad Al-Atas.

Senin ini merupakan hari pertama siswa-siswi kelas IX (sembilan) SMP Salafiyah melaksanakan ujian nasional (UN), begitupun SMP/MTs negeri/swasta seluruh Indonesia. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama ini adalah Bahasa Indonesia, untuk hari kedua yaitu Bahasa Inggris, Hari ketiga pelajaran Matematika, dan hari keempat adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kelancaran ujian Nasional SMP Salafiyah ini karena bantuan para pengawas UN dari berbagai SMP/MTs Negeri/Swasta yang diberi tugas untuk mengawasi UN di SMP Salafiyah Pekalongan yang berjumlah 22 perwakilan guru tiap SMP/Mts Negeri/Swasta yang ada di Kota Pekalongan.

Dalam pelaksanaan UN juga terdapat Tim Pemantau Independen (TPI) Ujian Nasional. Dalam hal ini adalah Dosen dari STAIN Pekalongan.

UN di SMP Salafiyah ini selalu berusaha mengutamakan kejujuran, karena SMP Salafiyah Pekalongan merupakan sekolah yang membekali peserta didiknya dengan ilmu yang dapat dimanfaatkan kembali oleh siswa-siswinya kelak. Jika dalam segala hal tidak mengutamakan kejujuran, SMP Salafiyah Pekalongan mempercayai ajaran agama yang menyatakan bahwa ilmu yang baik akan membawa manfaat bagi yang memperolehnya baik di dunia maupun di akhirat.

Maraknya isu-isu ketidakmurnian dalam mengerjakan UN yang diberitakan di media masa tidak membuat SMP Salafiyah mengikuti mereka, namun usaha keras dengan berdoa serta ikhtiar tadi yang meyakinkan bahwa SMP Salafiyah Pekalongan mampu meloloskan siswa-siswinya dalam ujian nasional tahun ini.

Dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT berucap  اللهم فى الامتحان ناجحين  SMP Salafiyah siap menghadapi ujian nasional, harapan terbesar adalah siswa-siswi SMP Salafiyah dapat lulus dengan baik dan sukses. Amin…

About these ads

~ oleh smpsalafiyahku pada Maret 29, 2010.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: