TRY OUT LAGI, LAGI LAGI TRY OUT


Begitulah suplemen bagi kelas IX untuk mempersiapkan UN di SMP Salafiyah Pekalongan ini. Try out yang dilaksanakan hari ini serentak pula dilaksanakan di SMP/MTs di Kota Pekalongan pada khususnya. Try out kali ini untuk mata pelajaran yang di UN kan, sebagai bekal untuk menghadapi UN agar tidak kaget/nerveous waktu UN tiba.

Kalau udah ada acara try out kayak gini, hanya yang bener-bener ndableg aja yang tidak belajar, kalaupun mereka belajar biasanya pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam-red). Sebenarnya SKS itu tidak baik bagi kelangsungan hidup kita (lho kok bisa?) iya, SKS dapat menimbulkan :

  1. Gangguan konsentrasi
  2. Kondisi tubuh kurang fit
  3. Hasil tidak maksimal
  4. Cenderung pengennya nyonto
  5. Tidak cerdas

GANGGUAN KONSENTRASI dapat terjadi pada siswa yang demen SKS, so pasti akan merugikan diri sendiri, udah gitu karena kurang bisa konsentrasi soal-soal dikerjakan dengan asal-asalan saja. efek negatifnya bisa jadi waktu menghitamkan lingkaran tidak sesuai dengan yang diminta, bisa jadi mleber atau kurang tebal atau salah menghitamkan lingkaran. buruk banget bukan?

KONDISI TUBUH KURANG FIT ini terjadi pada siswa yang gemar SKS, berangkat skolah lemas, tidak ada gairah, di tambah ngeluh di status fesbuk. Duh-duh… dia mah kaga’ bisa kasih solusi… lebih-lebih biasanya yang baca malahan nertawain dan juga ngataen bahwa siswa itu di cap PEMALAS. makin g enak bukan? udah gitu di kelas juga kerjaannya tu meja buat sandaran kepala ato tangan buat sandaran kepala, rasanya berat kepala tu. nah ini yang buruk, kesehatan juga dalam prosentase maksimal 50%.

HASIL TIDAK MAKSIMAL, kalau udah gini yang rugi ya anak itu dewe, ngapaen aja pake SKS… banyak waktu kenapa tidak dipake? kalo udah kaya gini yang terjadi, bisa-bisa g lulus UN, kl g lulus lagi-lagi diri sendiri yang dirugikan, eits ada tambahan orang tua juga kecewa, apalagi dipermalukan teman, sodara, mbah ato yang laen. yang pasti skolah juga malu kan? mau klo sekolahnya di cap sekolah gudang siswa yang g lulus? skolah manapun g ada yang mau bukan?

CENDERUNG PENGENNYA NYONTO, ini tambah jelek, lagi-lagi tengok kanan, tengok kiri, samping kanan, samping kiri, depan, belakang, nyerong-nyerong… wah… kalo pengawasnya teliti bisa dikeluarin tuch… bukankah nyonto itu juga bikin kita gak intelek… ehm… maksudnya gak logis banget… serba gak tau… udah gitu, iya kalo yang diconto jawabane bener.. kalo salah??? berabe dech…

TIDAK CERDAS ini tadi udah sedikit disinggung di atas… SMP Salafiyah tidak akan bisa bersaing dengan sekolah lain kalo siswanya tidak cerdas, dalam kompetisi-kompetisi sekolah pun bisa jadi SMP Salafiyah akhirnya jadi yang terburuk tuch… lagian gampang dibodohin ma orang laen… kalo cerdas kan mudah bikin inovasi, enteng buat saingan ma sekolah favorit yang lain, otake juga encer.. ehm… ngemeng-ngemeng masalah otak encer bukan berarti kayak air tuch, tapi kalo ada masalah ato soal langsung bisa diselesein dengan gampang… gak ada masalah,, kita pun gak akan canggung kalo mau masuk di SMA favorit.

nah, ada sdikit tips yang paling enggak menghilangkan kebiasaan SKS dan jadi SMART (bukan merk kartu HP loh…)

  1. Kudu mipil belajarnya… jangan besok ujian, malem belajar… emang belajar itu sulit, mudahnya kita sering-sering aja mengulang materi yang udah pernah diberikan guru, masalah tulisan yang bikin males, bisa diatur tu strategi, dengan tulisan di buku catatan yang dibuat semenarik mungkin… gak monoton tulisan aja, sekali-kali bisa ditambahi gambar atau warna-warna yang g bosenin buat dibaca.
  2. Bikin schedule (jadwal) aktifitas… ini yang akan mengontrol kegiatan sehari-hari, sehingga kegiatan-kegiatan dapat dikontrol dengan baik dan tidak, yang baik ditingatkan, yang tidak ya dikurangi, sedikit demi sedikit. semua yang dilakukan juga perlu ditulis, jadi jadwal itu bener-bener di pake, bukan hanya buat hiasan aja.
  3. Sering-sering baca buku, ensiklopedi, atau berita-berita menarik di jagad raya ini, gak komik mulu yang dibaca…  kitabisa jadi anak smart… so pasti cerdas… nonton tipi juga gak nonton pilm, sinetron ato kartun aja, tapi yang berbau informasi kita bisa tonton.
  4. Kalo ngrasa masih kurang, kita bisa browsing ke situs pendidikan atau edukasi, g hanya fesbukan ato chatingan ato apalah yang kurang bermanfaat.
  5. Dibiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang seimbang buat bekal tubuh dan otak kita. so selalu sehat dan fit bukan? konsentrasi pun oke dan akhirnya soal-soal dan masalah bisa lolos diselesaikan dengan jari kelingking, enteng banget…

sebenere masih banyak tips, tapi buat persiapan ujian, itu cukup, baik ujian sekolah, ujian semester ato yang lain.

~ oleh smpsalafiyahku pada Februari 22, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: