MENGHARUMKAN ALMAMATER LEWAT OLAHRAGA


By. Jamal Nasher, S. Pd

Sudah menjadi agenda rutin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan tiap tahun melaksanakan kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah dan sarana pembibitan atlet-atlet potensial dari Kota Pekalongan khususnya dari kalangan pelajar untuk berprestasi di bidang olahraga. Diharapkan pelajar-pelajar yang berprestasi dalam bidang olahraga ditingkat ini akan dapat berbicara banyak ditingkat yang lebih tinggi yaitu POPDA ditingkat provinsi Jawa Tengah.

Agenda rutin tahunan ini diikuti oleh sekolah dan madrasah yang ada di kota pekalongan dengan pembedaan kategori kejuaraan sesuai jenjang pendidikan tentunya. SMP Salafiyah kota Pekalongan sebagai salah satu sekolah di kota Pekalongan secara rutin selalu mengirimkan siswa dan siswinya untuk berpartisipasi dan berkompetisi.

Sebagai acuan hasil prestasi, pada pelaksanaan POPDA tahun 2009 SMP Salafiyah mengikuti 5 cabang olahraga yaitu atletik, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja dan pencak silat dengan raihan hasil prestasi 3 perak masing – masing dari cabang atletik nomor tolak peluru putra dan lari 1500 m putri serta dari cabang pencak silat putri. Dari pencapaian hasil itu untuk pelaksanaan POPDA tahun 2010 SMP Salafiyah berusaha untuk lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Hasil yang didapat itu dapat menjadi pelajaran berharga untuk pencapaian prestasi pada pelaksanaan POPDA kota Pekalongan tahun 2010. Dengan pertimbangan peluang dan prioritas cabang yang berpeluang  mendapatkan prestasi, maka untuk pelaksanaan POPDA tahun 2010 ini SMP Salafiyah hanya mengirimkan siswa dan siswinya sebagai atlet untuk berkompetisi di cabang atletik saja. Untuk cabang atletik ini SMP Salafiyah mengirimkan 6 siswa putra dan 4 siswa putri mengikuti semua nomor atletik yang dilombakan. POPDA kota Pekalongan tahun 2010 yang dibuka pada tanggal  Maret 2010 ini melangsungkan lomba untuk cabang atletik pada tanggal 18 Maret untuk nomor lari dan tanggal 20 Maret untuk nomor lempar dan lompat yang semuanya dipusatkan di stadion Kraton pekalongan. Untuk pelaksanaan nomor lari SMP Salafiyah berhasil menempatkan salah satu siswanya di podium juara atas nama Muhammad Baits ( kelas VIII B ) sebagai juara 3 nomor lari 100 m putra. Untuk nomor lempar, Bagoes Prasetyo ( kelas VIII B ) berhasil melakukan lemparan sejauh 27 m sehingga berhasil meraih peringkat 2 untuk nomor lempar lembing putra. Sedangkan untuk nomor lompat, putra putri Salafiyah mencatatkan prestasi yang luar biasa, dengan hasil lompatan 5, 25 m, Totok Catur Pratama ( kelas VIII F ) berhasil naik podium sebagai juara 1 lompat jauh putra dan Zara Wanda Atsarini sebagai juara 1 lompat jauh putri dengan prestasi lompatan sejauh 3,58 m.

Pihak sekolah sebagai induk dari siswa siswi SMP Salafiyah yang ikut berkompetisi pada POPDA Kota Pekalongan tahun 2010, tidak lupa memberikan reward kepada siswa siswi berprestasi di bidang olahraga ini. Hal ini sebagai wujud nyata bahwa pihak sekolah tidak menutup mata dan sangat respect terhadap prestasi siswa dan siswinya terutama dibidang olahraga. Penghargaan kepada siswa dan siswi berprestasi ini diwujudkan pihak sekolah melalui pemberian bea siswa kepada siswa siswi bersangkutan. Dari situ diharapkan dapat menjadi pelecut semangat kepada siswa yang lain untuk bisa berprestasi dan membawa nama baik SMP Salafiyah di bidang olahraga ataupun bidang yang lain.

Prestasi yang dicatatkan siswa siswi SMP Salafiyah ini bisa dikatakan luar biasa, SMP Salafiyah yang notabene sebagai sekolah yang berbasis Islam mampu berbicara di arena olahraga pelajar kota Pekalongan, sudah barang tentu hasil ini merupakan satu perwjudan dari usaha keras semua pihak yang ada di SMP Salafiyah Pekalongan. Satu hal yang harus digaris bawahi adalah bahwa olahraga sebagai salah satu hal yang sering disebut – sebut sebagai ajang pembuktian gengsi sekolah mampu dan bisa mengangkat serta membawa harum nama institusi pendidikan SMP Salafiyah kota Pekalongan. Semoga dilain waktu atau dikemudian hari nama SMP Salafiyah kota Pekalongan dapat lebih berkibar seiring dengan capaian prestasi yang diukir oleh siswa dan siswinya.

~ oleh smpsalafiyahku pada April 5, 2010.

4 Tanggapan to “MENGHARUMKAN ALMAMATER LEWAT OLAHRAGA”

  1. Selamat untuk SMP Salafiyah pekalongan atas prestasi yang telah diraih oleh putra-putrinya dalam ajang POPDA Pekalongan. semoga ini menjadi acuan kalian untuk lebih berusha lebih keras lagi dalam rangka untuk mengharumkan SMP Salafiyah ni…

  2. salam kenal…semangat…

    thanks…

    di tunggu kunjugan baliknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: